[+] Open Visual Interface

Wednesday, January 25, 2012

Ngarai Sianok, Grand Canyon-nya Sumatra Barat


Ngarai Sianok - Lembah curam dari Sumatra Barat. Ngarai Sianok adalah sebuah lembah atau bisa dibilang jurang yang berada di Sumatra Barat. Ngarai Siaok tepatnya berada di perbatasan Kota Bukit tinggi. Ngarai Sianok berbentuk memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai ke Nagari Sianok Anam
Suku dan berakhir di Kecamata Palupuh. Ngarai pinok ini mempunyai pemandangan yang luar biasa indah dan menjadi salah satu objek wisata Propinsi Sumatra Barat.

Ngarai Sinok mempunyai dalam sekitar 100 meter dan lebar sekitar 200 m yang merupakah bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatra menjadi dua bagian memanjang (Patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam hingga tegak lurus membentuk lembah yang hijau yang dialiri Sungai Sianok ( dalam bahasa minangkabau Batang Sianok).

Karena dialiri “Batang Sianok” yang artinya sungai yang jernih, ngarai atau lembah ini disebut Ngarai Sianok. Batang Sianok kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak yg disaranai oleh suatu organisasi olahraga air “Qurays”. Rute yang ditempuh adalah dari Desa Lambah sampai Desa Sitingkai Batang Palupuh selama kira-kira 3,5 jam
  

Pada zaman Belanda, Ngarai Sianok ini disebut juga Kerbau Sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai sianok ini.  Di tepiannya masih banyak dijumpai tumbuhan langka seperti Rafflesia dan tumbuhan obat. Fauna yang sering dijumpai antara lain monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul hingga tapir.


Ngarai Sianok yang juga kerap disebut sebagai “Dream Land of Sumatera” memiliki panorama alam yang sangat mempesona dan udaranya begitu sejuk. Laksana selimut beludru hijau dikelilingi perbukitan asri, inilah penampakan lembah indah ini bila dilihat dari atas. Jika dinikmati dari Taman Panorama yang sengaja dibangun oleh pemerintah daerah di bagian kawasan Bukit Tinggi, keindahan Ngarai Sianok tampak sangat luar biasa. Dari Taman Panorama tersebut pula banyak wisatawan lokal maupun mancanegara menikmati matahari terbit dan tenggelam di Ngarai Sianok. Keindahannya begitu menakjubkan dan merupakan target yang bagus bagi fotografer profesional maupun amatir serta pelukis alam untuk mengabadikannya.

  
Ketika matahari terbit menyibak langit dan muncul dari celah-celah lereng ngarai dengan cahaya menyilaukan, atau saat “sang raja siang” itu bersiap rebah menjelang senja dengan meninggalkan jejak-jejak jingga di sisi dinding ngarai, merupakan pemandangan indah yang sangat sayang untuk dilewatkan.



No comments :

Post a Comment

Blogger Indonesia
Layargue
KLIK DISINI