[+] Open Visual Interface

Wednesday, January 25, 2012

Laba-Laba Menyimpan Sebagian Otak di Kakinya

Sekelompok peneliti dari Smithsonian Tropical Research Institute (STRI) dan University of Costa Rica melakukan pengukuran massa otak sembilan spesies laba-laba yang sudah dewasa dan laba-laba muda dari enam spesies di antaranya. Bobot laba-laba dewasa itu sendiri berbeda-beda, mulai dari sepersepuluh miligram sampai 2 ribu miligram.


"Kami menemukan bahwa pusat sistem syaraf dari laba-laba terkecil memenuhi hingga hampir 80 persen total ukuran tubuhnya, termasuk 25 persen dari kaki mereka," kata William Wcislo, ilmuwan dari STRI di Panama.

"Semakin kecil hewan tersebut, semakin banyak ia harus 'berinvestasi' di otaknya. Artinya, bahkan laba-laba yang sangat kecil sekalipun mampu menjalin sarang dan melakukan perilaku yang cukup kompleks," ucapnya.

Tetapi tampaknya ada batasan seberapa kecil otak agar masih bisa berfungsi secara benar. Sel otak tidak bisa lebih kecil dari nukleus yang menyimpan seluruh gen laba-laba tersebut. Serat syaraf juga tidak bisa terlalu tipis agar mereka tetap bisa membawa dan menghantarkan sinyal syaraf.

Akhirnya, dari penelitian, diketahui bahwa laba-laba muda dari spesies laba-laba kecil memiliki tubuh yang menggembung untuk menyimpan seluruh sel otak yang dibutuhkan. Termasuk di kaki mereka.  

No comments :

Post a Comment

Blogger Indonesia
Layargue
KLIK DISINI